Tuesday, June 1, 2021

Tips Menghindari Khilaf Saat Belanja Harbolnas

Harbolnas

Indonesia memang mempunyai banyak jenis festival, salah satu yang palng meriah adalah festival belanja yang bisa disebut Hari Belanja Nasional atau Harbolnas. Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia pada puncaknya di tanggal 12 Desember, dengan dukungan dari sejumlah mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Digelarannya yang sudah menginjak 7 tahun, berbagai produk yang ditawarkan saat harbolnas pun beragam, mulai dari pakaian, kebutuhan rumah tangga, elektronik, makanan, kecantikan, produk ibu dan anak.

Tak sedikit juga beberapa e-commerce melakukan flash sale, yang membuat pembeli tidak sabar untuk mendapatkan barang incarannya diantaranya ialah Blibli.com. Meski diskon besar-besaran menanti, jangan sampai kamu khilaf dan justru membeli barang sedang tidak dibutuhkan.

Agar tidak khilaf dan membeli barang yang tak terlalu diperlukan, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menghadapi Harbolnas tahun ini, mulai dari:

Membuat daftar barang yang dibutuhkan
Ini adalah hal yang paling mendasar. Kita perlu membuat barang – barang apa saja yang perlu dibeli ketika Harbolnas. Tujuannya, nantinya kita hanya membeli barang yang dibutuhkan bukan barang yang diinginkan. Jadi diskon yang ada tidak membuat kita boros karena membeli barang yang diinginkan.

Prioritas barang-barang yang ingin dibeli
Sebelum memasuki periode pesta belanja online, buatlah daftar barang yang ingin dibeli dan tentunya paling Anda butuhkan. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam wishlist yang ada di platform e-commerce kesayangan Anda. 

Cermati dengan seksama S&K promo
Agar tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce saat Harbolnas, tidak ada salahnya Anda menyempatkan satu menit waktu belanja untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari program promo yang berlaku. Pastikan promo tersebut berlaku untuk barang-barang yang ingin Anda beli.

Belanja di saat sepi pengunjung
Berdasarkan data historikal Shopback, waktu yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia saat pesta belanja online berlangsung adalah pukul 09:00 - 11:00 pagi.  Data ini pun diperkuat dengan hasil survey yang dilakukan Shopback pada Harbolnas tahun lalu, dimana sebanyak 31% responden mengaku berbelanja saat Harbolnas pada pukul 09.00-12.00 dan 19% pada pukul 12.00 -15.00. Untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan, cobalah untuk berbelanja di waktu-waktu selain waktu di atas.

Check Harga Pasar
Tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit riset terkait harga barang-barang yang Anda beli. Harga-harga tersebut dapat menjadi acuan apakah harga yang ada di platform tersebut tidak dimanipulasi oleh penjual.

Belanja di toko resmi
Jika Anda ragu akan keaslian produk, belilah produk di toko resmi yang sudah mendapat verifikasi dari platform e-commerce dan memiliki rating toko yang bagus dari pengguna e-commerce. Toko yang telah terverifikasi tentunya Anda sudah mendapatkan jaminan bahwa produk yang Anda pesan adalah produk Asli. Sempatkan juga untuk membaca secara mendalam review dan keterangan produk yang biasanya terdapat di dalam halaman produk. 

Berlangganan Newsletter dari Kurator Promo 
Agar tidak ketinggalan informasi promo dari beberapa e-commerce, tidak ada salahnya Anda berlangganan newsletter dari kurator promo e-commerce. Bijaklah mencari tambahan promo atau cashback yang bisa Anda dapatkan lewat aplikasi pihak ketiga. Carilah promo belanja yang benar-benar menguntungkan Anda.

Salah satu promo di Harbolnas kali ini yakni Hysterya Syok dari Blibli.com dengan cara : 

  1. Setiap belanja Minimal belanja 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan ngelakuin beberapa aktifitas yang direkomendasi sama Blibli.com mendapatkan 1 token selama periode bulan oktober sampai desember .  
  2. Tokennya digunain buat main game capit di aplikasi Blibli.com 
  3. Main game capit bisa dapat barang-barang (random) dengan harga SYOK! dalam waktu selama 24jam untuk menembus produk yg di dapat.  
  4. Belum lagi nanti pas tanggal 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember yang bisik-bisiknya bakal ada program SUPER SYOK! 
  5. Yang penting kumpulin token sebanyak-banyaknya ya 

Bijaklah mencari tambahan promo atau cashback yang bisa didapatkan lewat aplikasi pihak ketiga

Carilah promo belanja yang benar-benar menguntungkan sobat. Selain potongan harga dari e-commerce, carilah promo diskon tambahan lain. Biasanya promo banyak ditawarkan dari bank-bank atau sistem pembayaran rekanan saat Harbolnas.

Related Posts

Tips Menghindari Khilaf Saat Belanja Harbolnas
4/ 5
Oleh