Sunday, December 26, 2021

5 Langkah Penting untuk Menjaga Anak Tetap Sehat

 

Premi Asuransi Kesehatan

Beberapa keluarga memutuskan untuk membeli premi asuransi kesehatan untuk satu keluarga demi melindungi pasangan serta anak-anak mereka di masa depan. Dengan adanya asuransi kesehatan keluarga ini, secara tidak langsung ada cover untuk biaya pengobatan jika dibutuhkan. Selain asuransi, ada cara lain yang bisa orang tua lakukan untuk memastikan kesehatan anak-anak di masa sekarang dan masa depan.


Mencegah Penyakit pada Anak-Anak

Asuransi kesehatan untuk keluarga memang bisa membantu orang tua untuk tidak khawatir dengan kesehatan anak-anak di masa depan. Tapi orang tua tetap perlu mengambil tindakan pencegahan sehingga anak-anak bisa terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Beberapa caranya adalah:


1. Mencukupi kebutuhan gizi anak

Anak-anak perlu mempunyai sistem imun yang terbentuk dengan baik. Hal ini bisa tercapai jika anak-anak mendapatkan nutrisi dan energi yang baik. Kandungan nutrisi bisa ditemukan di berbagai makanan, seperti vitamin, protein, serta mineral.


Kebutuhan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai bahan makanan sehat seperti telur, ikan, buah, sayur, dan susu. Orang tua juga perlu membantu anak-anak membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh atau gula seperti makanan cepat saji yang bisa menurunkan sistem imun tubuh anak.


2. Mengajarkan gaya hidup yang bersih

Agar anak terhindar dari penyakit, anak-anak perlu mempunyai tubuh yang bersih. Mengajarkan gaya hidup yang bersih memang menuntut kesabaran dan bersih. Orang tua bisa memulai dengan mengajarkan hal sederhana seperti membiasakan untuk cuci tangan sebelum dan setelah makan.


Mengajarkan anak untuk menyikat gigi serta mandi dengan benar juga merupakan langkah yang sangat penting.


3. Menekankan pentingnya kebersihan rumah

Dilansir dari Alodokter, kebersihan rumah juga bisa mempengaruhi kesehatan anak. Rumah yang tidak bersih akan menjadi sarang bakteri, kuman, dan virus yang menyebabkan penyakit. Agar anak-anak bisa terhindar dari penyakit, ajar mereka untuk menjaga kebersihan kamarnya sendiri.


Bantu anak-anak mengerti cara yang benar untuk membersihkan kamar tidur hingga ke setiap sudutnya secara rutin. Pastikan kamar anak mendapatkan cukup ventilasi udara sehingga sinar matahari juga bisa masuk ke dalam kamar. Pastikan rumah juga bebas dari polusi seperti asap rokok.


4. Mengajak anak untuk berolahraga

Daya tahan tubuh anak akan semakin kuat jika anak melakukan olahraga secara rutin. Daya tahan tubuh yang lebih kuat berarti anak-anak tidak akan mudah sakit. Ajak anak-anak untuk memperhatikan bagaimana orang tuanya berolahraga.


Kemudian perlahan-lahan, orang tua bisa mulai melibatkan anak-anak untuk ikut serta berolahraga. Mulai dengan olahraga ringan seperti jalan santai pada pagi hari atau senam bersama-sama. 


5. Memperhatikan waktu tidur anak-anak

Komponen dalam sistem imun tubuh akan dihasilkan saat anak tidur di malam hari. Komponen tersebut bisa membantu melawan radang dan infeksi sehingga anak-anak tidak mudah terserang penyakit. Pastikan setiap anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.


--

Orang tua perlu melakukan semua yang dibutuhkan untuk menjaga anak tetap sehat dan aman. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan asuransi kesehatan untuk anak dan membantu anak-anak mencegah penyakit.

Related Posts

5 Langkah Penting untuk Menjaga Anak Tetap Sehat
4/ 5
Oleh