Sabtu, 23 April 2022

Fungsi Sticker Label pada Produk Kemasan

 

Percetakan Stiker Label


Dahulu atau sekarang, belanja selalu menjadi kegiatan yang paling menyenangkan. Alhasil, potret pelanggan membaca sticker label pada produk kemasan bukan lagi hal asing bagi masyarakat. Namun, tahukah kamu apa fungsi sticker label pada produk kemasan? Atau justru kamu pernah memiliki pengalaman dengan perusahana percetakan stiker?


4 Fungsi Sticker Label pada Produk Kemasan

Sticker label pada produk kemasan bukanlah aksesoris biasa yang sengaja ditempelken produsen pada produk mereka. Fungsi sticker label tergantung dari jenis produk yang dijual. Misalnya deterjen atau sabun cuci piring yang pada kemasan produknya tertempel sticker label mengenai cara pemakaian maupun komposisi. Ada pun fungsi sticker label pada produk simak berikut ini:


1. Meningkatkan Daya Tarik atau Estetika Produk 

Demi bertahan pada bisnis ini, semua produsen memutar otak supaya produk kemasan yang mereka tawarkan laris di pasaran. Pemanfaatan sticker label menjadi salah satu media branding langsung yang dilakukan oleh perusahaan terhadap konsumen. Oleh sebab itu, sticker label yang ditempel pada produk kemasan memiliki desain yang unik dan bervariasi. 


Selain menggunakan teks untuk menginformasikan produk, perusahaan juga sengaja menambahkan gambar sebagai detail tambahan. Hasilnya, perang sticker label pun tidak terelakkan membuat produsen berlomba-lomba menciptakan sticker label yang unik untuk menambah daya tarik maupun estetika produk.


2. Menampilkan Komposisi atau Rasa Produk

Apalagi fungsi sticker label pada produk kemasan? Selain meningkatkan visual produk, sticker label juga berfungsi untuk menginformasikan produk ke pelanggan. Contohnya produk makanan yang perlu menampilkan komposisi produk maupun varian rasanya.


Tujuannya untuk mempermudah konsumen membedakan antara citarasa satu dan lainnya. Sticker label komposisi pada produk juga secara tidak langsung membantu pelanggan menghindari mengkonsumsi produk yang berbahaya untuk tubuhnya dikarenankan alergi.


3. Sebagai Ajang Promosi 

Beberapa produsen sengaja menambahkan detail promosi pada produk kemasan miliknya melalui sticker label. Seperti promosi buy 1 get 1 atau isi 20% lebih banyak. Penambahan informasi ini membantu masyarakat mengetahui promosi terbaru terkait produk tanpa perlu membuka akses ke website perusahaan atau media sosial.


Ajang promosi melalui sticker label turut membantu perusahaan mengurangi beban pengeluaran marketing. Mereka tidak perlu mengiklankan promosi terbaru secara intens seputar produk seperti sebelumnya. 


4. Menginformasikan Brand pada Pelanggan

Menjamurnya produsen produk kemasan meningkatkan variasi brand di pasaran otomatis menambahkan sticker label akan membantu konsumen mengenali brand dengan cepat dan mudah. Tidak hanya menampilkan nama brand dalam ukuran besar, perusahaan juga biasa menambahkan logo, nama perusahaan hingga alamatnya. 


Konsumen yang tadinya tidak mengenali brand tertentu menjadi kenal karena sering melihat produknya di pasaran. Artinya, sticker label cukup efektif membantu perusahaan meningkatkan brand awareness.


Menciptakan produk kemasan dengan sticker label yang berkesan akan memberikan timbal balik yang sangat besar terhadap perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menggandeng Kahar Duta Sarana yang telah beroperasi sejak tahun 1979 sebagai produsen sticker label bermutu tinggi. 


Standar tinggi dan profesionalisme kerja yang Kahar Duta Sarana tawarkan berhasil menciptakan sticker label dengan daya rekat maksimal. Cetakan sticker mereka tidak mudah terlepas atau pudar sehingga fungsi sticker label pada produk kemasan mampu bertahan lama. Tidak heran jika Kahar Duta Sarana disebut-sebut  sebagai perusahaan untuk mencetak stiker terbaik. 


Related Posts

Fungsi Sticker Label pada Produk Kemasan
4/ 5
Oleh