Sabtu, 02 Juli 2022

Jenis Sekolah yang Ada di Indonesia

 

British Jakarta Intercultural School

Sejauh ini, jenis sekolah yang diketahui masyarakat umum hanya sebatas sekolah nasional dan sekolah internasional. Sekolah internasional contohnya adalah British Jakarta Intercultural School yang merupakan salah satu sekolah bertaraf internasional terbaik di Jakarta. Padahal di Indonesia jenis sekolah ternyata sangat beragam tidak hanya dua jenis tersebut. Apa saja jenis-jenis tersebut? 


Jenis-Jenis Sekolah 

Pendidikan adalah aspek penting dan merupakan hak setiap anak di Indonesia bahkan dunia untuk mengaksesnya. Kualitas pendidikan terbaik biasanya menjadi incaran, dan ternyata ada banyak jenis sekolah bisa dipilih untuk membantu mendapatkan pendidikan terbaik tersebut. Berikut adalah jenis-jenis sekolah yang ada di Indonesia: 


1. Boarding School 

Jenis yang pertama adalah Boarding School, yakni lembaga pendidikan yang menyediakan asrama atau tempat tinggal  bagi siswa-siswanya. Sehingga para siswa akan tinggal, belajar, dan menjalani aktivitas di dalam lembaga. 


2. Sekolah Nasional 

Jenis kedua adalah Sekolah Nasional, yakni sekolah atau lembaga pendidikan yang menggunakan kurikulum nasional yang dirilis oleh Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Jenjangnya dimulai dari SD, SMP, dan SMA yang pembelajarannya menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia. 


3. Sekolah Nasional Plus 

Kemudian ada Sekolah Nasional Plus yang pertama kali diperkenalkan oleh Association of National Plus Schools (ANPS) di tahun 2000. ANPS di masa tersebut memperkenalkan kurikulum baru yang diberi tajuk Kurikulum Nasional Plus. 


Dasar kurikulum tetap dari Kemendikbud, dan terdapat beberapa perubahan atau pengembangan. Misalnya di bahasa pengantar yang tidak lagi memakai  bahasa Indonesia melainkan bahasa Inggris. 


4. Sekolah Internasional 

Jenis selanjutnya ada Sekolah Internasional yaitu jenis sekolah yang menggunakan kurikulum dari luar negeri dan sudah terakreditasi. Kurikulum yang digunakan beragam tergantung masing-masing sekolah internasional. Misalnya kurikulum Montessori, Kurikulum Cambridge, dan lain-lain. Sekolah jenis ini sangat terkenal dan bahkan menjadi tren sejak beberapa tahun terakhir. 


5. Sekolah Alam 

Di Indonesia juga ada Sekolah Alam, dan kali pertama diperkenalkan oleh Lendo Novo. Latar belakangnya adalah karena biaya sekolah yang tidak mudah dijangkau kalangan ekonomi bawah. Maka Lendo memutuskan membuka alam yang mengajarkan pendidikan dan keterampilan berbasis alam. 


Seperti belajar bercocok tanam, beternak, dan sejenisnya. Sehingga lebih banyak praktek langsung dan diketahui biayanya sangat terjangkau, beberapa bahkan dibuat gratis tanpa biaya. 


6. Madrasah 

Madrasah merupakan salah satu bentuk dari Sekolah Nasional, dimana jenjangnya mulai dari SD, SMP, sampai SMA. Hanya saja Sekolah Nasional di bawah naungan Kemendikbud, sementara Madrasah di bawah naungan Kemenag (Kementerian Agama). 


7. Sekolah Rumah (Homeschooling) 

Jenis yang terakhir adalah Sekolah Rumah atau yang lebih akrab disebut homeschooling. Awalnya konsep guru datang ke rumah untuk mengajar anak masih diragukan kualitasnya. Namun kini banyak dijadikan pilihan karena kualitasnya sudah terpercaya. 


Dari tujuh jenis sekolah di Indonesia tersebut mana yang sebaiknya dipilih? Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga masyarakat, pasti memiliki standar tersendiri dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya. Maka idealnya adalah disesuaikan kebutuhan masing-masing agar anak mendapatkan pendidikan yang sesuai harapan. 

Related Posts

Jenis Sekolah yang Ada di Indonesia
4/ 5
Oleh